SHARE

Ekopastoral Fransiskan berdiri sejak 2000, menjalankan misi profetis untuk ‘mengusahakan dan memelihara (kej 2:15)’ ciptaan Allah demi kehidupan manusia serta alam ciptaan. Ekopastoral menjalankan pelayanan pastoral ekologi melalui berbagai kegiatan:

  • mempromosikan pertanian organik yang terintegrasi dengan pemeliharaan lingkungan, konservasi hutan, mata air dan ternak bagi masyarakat, khususnya petani.
  • menyelenggarakan dan mengelola pusat ekopastoral fransiskan pagal sebagai tempat pendidikan dan pelatihan bidang pertanian organik, peternakan, konservasi hutan dan mata air.
  • memajukan pendidikan dan pelatihan dalam bidang pertanian organik, konservasi hutan dan mata air serta peternakan di lembaga-lembaga pendidikan formal dalam kerja sama dengan otoritas pendidikan pemerintah lokal
  • membantu petani baik dalam pemeliharaan, pengembangan pertanian dan peternakan maupun pengelolaan produk pasca panen serta pemasarannya. Menjalin relasi dan memelihara kerjasama dengan lembaga-lembaga sejenis baik swasta maupun pemerintah, tanpa merugikan misi dan visi ekopastoral.
  • menganimasi petani dengan menggali kearifan lokal dan iman kristiani sebagai energi spiritual dalam meningkatkan komitmen dan kepedulian pada bidang pertanian, konservasi hutan, mata air dan peternakan.

Tahun ini, ekopastoral fransiskan pagal genap berusia 15 tahun. Sejak 15-18 oktober akan diadakan berbagai macam kegiatan bersama petani dan kelompok binaan guna ‘membangkitkan kembali gerak bersama ekopastoral fransiskan’. Semoga peluh yang ditumpahkan membuat tanah menjadi ramah bagi sekalian makhluk, membuat bumi tersenyum, membuat bumi menjadi rumah kediaman bersama. Selamat ulang tahun ekopastoral.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here