Home GALERI Galery INFO-JPIC Indonesia 2016 (Part 1)

Galery INFO-JPIC Indonesia 2016 (Part 1)

869
0
SHARE

Empat puluh tiga peserta pertemuan INFO-JPIC (Intern Franciscans For Justice Peace and Integrity of Creation)  Indonesia 2016 sudah tiba, kemarin dan hari ini, di Rumah Doa Santa Maria dari Guadalupe, Duren Sawit, Jakarta Timur. Mereka terdiri dari utusan komisi JPIC tarekat fransiskan se-Indonesia.

Turut ambil bagian dalam pertemuan ini Fransiskan Internasional, utusan Fransiskan untuk PBB, dan utusan Ordo Ketiga Awam dari Malaysia.

Tarekat Fransiskan yang mengutus komisi JPIC untuk ambil bagian  dalam perhelatan INFO-JPIC kali ini adalah, SKPKC OFM Kustodi Duta Damai Papua, OFM Provinsi Indonesia, OFM Konventual, Komisi OFM Kapusin Medan, OFM Kapusin Kustodi Nias, tarekat MTB, FMM, OSF, FSGM, SFD, , DSY, KFS, SMFA, dan FCh.

Hari pertama, peserta disambut dalam acara kapu/kepok (ritus penyambutan tamu dalam budaya Manggarai), dibawakan Sdr. Johnny Dohut OFM dan Asep Cahyono OFM.

Setelahnya dilanjutkan dengan ibadat pembuka yang dipimpin Sdr. Peter C. Aman selaku ketua panitia penyelenggara INFO-JPIC Indonesia 2016.Saudara Peter menyingkap adanya bentuk korupsi dalam hidup rohani ketika orang membangun kebanggaan semu sebagai pemilik kebenaran bahkan kesombongan sebagai pemilik tunggal kebenaran. ” Kebenaran dan semua hal yang baik, sebagaimana dihayati Bapa Fransiskus, adalah milik Allah” tegas Sdr. Peter.

Hari kedua, Sabtu 20/8 dan hari ketiga, Minggu 21/8, diisi dengan perkenalan dan sharing karya masing masing komisi JPIC.Sore ini, Sabtu 20/8, peserta juga mengadakan misa pembuka, seyogyanya terjadi hari sebelumnya, dipimpin minister Provinsi OFM Indonesia, Sdr. Adrianus Sunarko OFM.

Hari keempat, peserta akan membahas statuta INFO-JPIC yang telah disiapkan drafnya. “Utusan Fransiskan International, Budi Tjahjono dan Sdr. Rodrigo Peret OFM memberi masukan pada sesi ini” kata Saudara Mike Peruhe OFM yang menginformasikan run down acara INFO-JPIC Indonesia.

Hari kelima, peserta INFO-JPIC akan mengadakan studi bersama dengan tema ‘Memberantas Korupsi: Tanggung Jawab demi Keadilan dan Iman’. Pemilihan tema ini, kata Saudara Mike, terkait erat dengan kesadaran bahwa persoalan korupsi terkait erat dengan soal keadilan yang juga berkait kelindan dengan penghayatan iman.

Pembicara dari  KPK (Bapak Alexander Marwata), ICW (bapak Agus Sunaryanto), dan Ibu Natalia dari Transparansi Internasionl akan menjadi pemateri dalam studi bersama ini.

Kegiatan INFO-JPIC OFM berakhir kamis 25/8. Di hari terakhir ini peserta akan akan mengadakan kunjungan ke Taman Mini Indonesia Indah. Sore hari, akan diadakan misa penutup.

Pada malam harinya akan diadakan pementasan teater ‘Tikus-tikus Nusantara’ oleh para Frater OFM yang disutradarai Sdr Asep Cahyono OFM dan Sdr. Darmin Mbula OFM.

Johnny Dohut OFM

 

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here