Semua orang dapat menghentikan KORUPSI. STOP Corruption!!!

Keluarga Fransiskan Indonesia yang secara khusus bekerja di bidang JPIC masing-masing konggregasi yang tergabung dalam wadah yang disebut INFO JPIC (Intern Franciscan For JPIC) akan mengadakan Raker tahunan. Kegiatan ini akan berlangsung pada tanggal 19 – 25 Agustus 2016 dan bertempat di Wisma St. Maria Guadalupe, Duren Sawit, Jakarta Timur.

Tema Korupsi

Berdasarkan usulan raker tahun lalu (Raker tahun 2015 di Bandungan, Ambarawa), tema yang akan menjadi perhatian khusus para peserta adalah tentang korupsi. Karena itu panitia yang dipercayakan untuk menyelenggarakan raker tahunan ini, yaitu JPIC OFM Indonesia telah mengundang pembicara dari KPK, ICW, Tax Amnesty dan Tim Transparansi Internasional.

“Dengan mengundang empat pembicara dari lembaga yang berbeda, diharapkan para peserta dapat memperoleh banyak informasi mengenai korupsi dan bagaimana menangani kasus korupsi yang bisa saja terjadi di tempat para saudara dan saudari berkarya,” jelas P. Peter C. Aman, OFM selaku ketua penyelenggara.

Di Indonesia, kasus korupsi merajalela dan mengorbankan orang miskin. Paus Fransiskus mengajak semua orang untuk menolak segala bentuk tindakan korupsi yang merampas hak-hak orang miskin dan terutama sumber daya alam yang mereka miliki. Korupsi sumber alam selalu menciderai rasa keadilan masyarakat di mana selalu terjadi masyarakat kecil dikorbankan dan harus kehilangan tanah, mata pencaharian dan kehancuran sistem buidaya serta sosial k emasyarakatan.

Tanggungjawab Demi Keadilan dan Iman

Panitia secara khusus meringkas seluruh rangkaian acara raker di bawa tema “Memberantas Korupsi: Tanggungjawab Demi Keadilan dan Iman”. Tema ini secara khusus diangkat mengingat panggilan para Fransiskan untuk mewujudkan keadilan dan perdamaian.

Masalah akut yang sedang dialami bangsa ini adalah korupsi. Korupsi telah melukai rasa keadilan masyarakat. Karena itu, para Fransiskan dengan caranya masing-masing dipanggil untuk terlibat memberantas korupsi yang merupakan tanggungjawabnya sebagai warga negara. Selain itu, memberantas korupsi juga adalah bagian dari imannya akan Yesus Kristus.

“Di tempat tugas masing-masing, para Fransiskan pasti berhadapan dengan masalah korupsi. Memberantas korupsi adalah bagian dari iman. Kita mengimani Allah yang adil, maka ketika terjadi ketidakadilan, di sanalah wajah Allah telah dicoreng,” ungkap Sdr. Asep, OFM yang akan hadir sebagai utusan dari JPIC OFM Indonesia.

Raker tahun ini akan diikuti 17 (Tujuh belas) JPIC Konggregasi Fransiskan/nes, yaitu, JPIC OFM Indonesia, JPIC OFM Papua, JPIC OFMCap Medan, JPIC OFMCap Sibolaga, JPIC OFMConv, JPIC FMM, JPIC FSGM, JPIC DSY, JPIC KSFL, JPIC KFS, JPIC FSE, JPIC FCH, JPIC SFD, JPIC SMFA, JPIC OSF, JPIC MTB, Perwaklian dari OFS, dan JPIC Keuskupan Banjarmasin yang hadir sebagai undangan. (Sdr. Charles, OFM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here