SHARE

Jakarta- JPICOFM.com Kabar gembira bagi Gereja Indonesia secara khusus Persaudaraan OFM Provinsi St. Mikael Malaikat Agung Indonesia. Sabtu, 25/11/17 bertempat di Gereja Hati Kudus Kramat, Jakarta ditahbiskan enam orang Diakon oleh Uskup Keuskupan Pangkal Pinang, Mgr. Adrianus Sunarko, OFM.

Keenam diakon yang ditahbiskan adalah, Diakon Yohanes Epa Prasetya, OFM (Epa), Diakon Yohanes Boli Tukan, OFM (John), Diakon Yohanes Sevi Dohut, OFM (Johnny), Diakon Leonardus Hendradus, OFM (Endak), Diakon Philipus Adi Sulistiyo, OFM (Philips), Diakon Damianus Asep Cahyono, OFM (Asep).

Sesuai motto tahbisan yang mereka pilih, “Dalam Dia ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia,” (Yoh 1:4) Pastor Yohanes Sevi Dohut, OFM yang dipercayakan untuk membawakan sambutan mewakili imam terthabis menjelaskan harapan terbesar bagi mereka berenam sebagai Fransiskan imam untuk menjadi terang.

“Semoga kami dapat menjadi terang dan menjadi pembawa terang dalam pelayanan kami selanjutnya,” harap pastor kelahiran Pau, Cibal.

Karena itu, dia mewakili imam baru mengharapkan doa dan dukungan dari seluruh umat yang hadir.

“Untuk itu kami mohon doa dan dukungan terutama ketika kami malah menyukai yang remang-remang dan gelap,” ujarnya sambil disambut gelak tawa umat yang hadir. “Jangan lupa tegur kami,” lanjutnya.

Sementara itu, Minister Provinsi OFM Indonesia, Pastor Mikael Peruhe, OFM mengajak para neomis untuk menjadi terang terutama dalam situasi terkini Indonesia.

“Kalian berenam ditahbiskan dalam konteks Indonesia yang terancam keberagamannya. Semoga kalian dapat menjadi terang di tiap perifery, tempat kalian diutus, di pinggiran pinggiran yang mengharapkan kedamaian dalam keberagaman,” pesannya.

Selanjutnya keenam imam baru akan diutus ketempat perutusan masing-masing untuk membawa terang.

Pastor Yohanes Epa Prasetya, OFM akan diutus ke Paroki Keluarga Kudus Baradatu, Lampung, Pastor Yohanes Boli Tukan, OFM akan diutus ke Yayasan Persekolahan St. Fransiskus Kramat, Pastor Yohanes Sevi Dohut, OFM diutus ke Paroki St. Fransiskus Asisi Karot dan sekaligus Koordinator JPIC OFM wilayah Flores, Pastor Leonardus Hendradus, OFM diutus ke paroki Hati Kudus Badau Kalimantan Barat, Pastor Damianus Asep Cahyono, OFM diutus ke Paroki Kerahiman Ilahi Aeramo, Flores, dan Pastor Philipus Adi Sulistiyo, OFM diutus ke Panti Asuhan Vincentius Putra, Jakarta.

Selamat menjadi terang di tempat perutusan baru. Biarkan semua orang mengalami terang keadilan, perdamaian dan mengalami keutuhan dalam hubungan dengan ciptaan.

Sdr. Charlest, OFM

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here