SHARE

Jakarta – JPICOFM.com Kita sudah memasuki hari-hari terakhir di tahun liturgi kita. Minggu depan kita akan memasuki masa Adven, masa dimana kita menantikan kedatangan Kristus Sang Penyelamat seluruh umat manusia dan alam semesta.

Masa adven adalah masa berahmat dimana kita dapat mengambil waktu untuk merefleksikan sikap kita dalam rangka membuka diri akan kehadiran Kristus pada Hari Raya Natal.

Dalam masa Adven kali ini, kami mengajak Saudara dan Saudarai untuk merefleksikan hari-hari dalam masa Adven dengan renungan-renungan ekologis yang dapat dikebangkan baik dalam tingkat pribadi maupun secara komunitas atau paroki.

“Diberkatilah semua mereka yang menantikan Tuhan” (Mzsm 147).  Pada masa Adven ini, kami mengajak anda untuk berdoa dalam sukacita Adven bersama seluruh ciptaan.

Kisah Kelahiran dengan gemilang menggambarkan manusia dan alam secara bersama-sama menerima kelahiran Yesus. Kita dapat membayangkan cahaya bintang yang menerangi langit malam, binatang yang menjaga Keluarga Kudus melindungi dan memberi kehangantan, dan hadiah indah berupa emas, kemenyan dan mur.

Kita akan menjalani 23 hari ini, karena itu kami memberikan refleksi berdasarkan Bacaan Kitab Suci harian. Paus Fransiskus mengajak kita untuk mendengarkan jeritan Bumi. Kami melanjutkan ajakan tersebut pada masa ini untuk mendengarkan sukacita Bumi pada saat kedatangan Penyelamat seluruh alam semesta.

Berikut kami memberikan pokok-pokok yang dapat membantu kita menjalani masa Adven yang Ekologis.

Minggu, 3 Desember: “Hati-Hatilah! Dan Berjaga-Jagalah!” (Mrk 13:33)

Hari ini ambilah waktu untuk merefleksikan tentang bagaimana anda menjalani masa Adven tahun ini, untuk berhati-hati dan berjaga-jaga bersama seluruh ciptaan.

Senin, 4 Desember: Tombak Menjadi Mata Bajak

“Mereka akan menempa … tombak enjadi mata bajak.” (Yes, 2:4) Hari ini kita berdoa bagi para petani di seluruh dunia dan mereka yang tidak lagi dapat membajak tanahnya karena perubahan iklim.

Selasa, 5 Desember: Serigala Dengan Domba

“Serigala akan tinggal bersama domba  dan macan tutul akan berbaring di samping kambing” (Yes 11:6). Bagaimana gambaran ini dapat menginspirasi kedamaian dan pengampunan dalam hidupmu?

Rabu, 6 Desember: Roti & Ikan

Kisah Injil tentang roti dan ikan mengingatkan kita dipanggil untuk berbagi kelimpahan kasih Allah. Dapatkah anda memberi makan seseorang pada hari ini dengan berdonasi ke lembaga amal bagi mereka yang lapar?

Kamis, 7 Desember: Hijaukan Adven-mu

Berkomitmen untuk membuat sebuah perubahan tahun ini untuk Natal-mu yang “Hijau””: mencoba resep masakan vegetarian, atau mencari hadiah yang “berkelanjutan”

Jumat, 8 Deember: Peringatan Maria Dikandung Tanpa Noda

Seperti Maria, bagaimana kita dapat menyusun rencana pribadi karena cinta Tuhan untuk dipersembahkan? Lakukan sebuah kejutan hari ini bagi seorang asing.

Sabtu, 9 Desember: Merenungkan Tentang Bintang

“Ia menentukan jumlah bintang-bintang   dan menyebut nama-nama semuanya,” (Mzm 147:4).  Malam ini pandanglah bintang-bintang dan refleksikan tetnang bagaimana mereka dan semua ciptaan dikasihi oleh Allah.

Minggu, 10 Desember: Hari Minggu Adven Kedua

“Seperti seorang gembala  Ia menggembalakan kawanan ternak-Nya dan menghimpunkannya dengan tangan-Nya,” (Yes 40:11). Tuhan membelai  dengan lembut hewan-hewan di darat, laut, dan langit. Mari kita lakukan hal yang sama hari ini.

Senin, 11 Desember: Tanah Kersang, Sumber Mata Air

“Tanah kersang  menjadi sumber-sumber air.” (Yes 35:7) Bumi bersukacita saat kelahiran Yesus dan airnya membersihkan Bay Kudus dan Ibunya di kandang. Panjatkan doa hari ini untuk air hidup.

Selasa, 12 Desember: Santa Maria Guadalupe

“Seorang perempuan  berselubungkan matahari, dengan bulan di bawah kakinya dan sebuah mahkota dari dua belas bintang  di atas kepalanya …” (Why 12:1) Kristus Kosmis tinggal/ada di dalam seluruh ciptaan.

Rabu, 13 Desember: Sayap-sayap Rajawali

“Orang-orang yang menanti-nantikan  TUHAN seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya.” (Yes, 40:31) Panjatkan doa harapan bagi mereka yang terdampak bencana.

Kamis, 14 Desember: Awan Mencurahkan

“Hai langit, teteskanlah  keadilan dari atas, dan baiklah awan-awan mencurahkannya! Baiklah bumi membukakan diri dan bertunaskan keselamatan.” (Yes 45:8) Allah melihat dunia alami sebagai partner dalam kelahiran Yesus. Apakah relasiku dengan dunia alami merupakan kemitraan yang saling menguntungkan?

Jumat, 15 Desember: Pohon Kehidupan

“Diberkatilah mereka yang bagaikan pohon yang ditanam di dekat aliran sungai” (Mzm 1:3).” Kita merefleksikan pentingnya pohon-pohon dalam kehidupan kita, menghasilkan udara, menjaga keseimbangan iklim, untuk keindahan. Doa hari ini bagi mereka yang berjuang melawan  penggundulan hutan.

Sabtu, 16 Desember: Membuat Ruang

Adven adalah sebuah waktu untuk membuat ruang bagi kelahiran Kristus dalam hidup kita. Dapatkah anda  melepaskan satu barang pribadi hari ini untuk mencerminkan bagaimana Anda membuat jalan bagi kehadiran Yesus?

Minggu, 17 Desember: Minggu Sukacita

Pada hari Minggu Gaudate, kita merayakan dengan sukacita kedatangan Kristus. Dapatkah Anda membagikan sukacita adven bagi mereka yang sedang berjuang dalam penderitaan saat ini?

Senin, 18 Desember: Hari Migran Internasional

Kita berdoa bagi mereka yang bermigrasi, yang oleh Paus Fransiskus katakan “mengingat kembali bayi Yesus, yang pada saat kelahirannya tidak dapat menemukan tempat tinggal saat dia lahir di Betlehem.”

Selasa, 19 Desember: Menanti Bersama Ciptaan

Marilah kita merefleksikan tentang  cara ciptaan membantu kita merayakan Adven: mulaid ari pohon Natal, corona adven hingga bintang yang berkedip dan binantang yang menjaga dalam adegan kelahiran Kristus.

Rabu, 20 Desember: Bumi ini adalah Milik TUHAN

Kami memuji Engkau  karena telah mengajarkan kepada kami bahwa bumi dan segala isinya adalah milik Mu dan kami bersyukur kepada-Mu  karena telah memberi kami tugas yang paling mendesak: untuk melindungi, menyembuhkan dan menghormati anugerah ciptaan-Mu.

Kamis, 21 Desember: Mengunjungi Elisabeth

Kami bersukacita bersama Maria, Ratu Segenap Ciptaan! Marilah kita mengalami sukacita Kristus Kosmis dalam tubh kita dan menyadari Kristus yang menyatakan dirinya dalam setiap batu, awan, manusia dan hembusan angin pada hari ini.

Jumat, 22 Desember: Magnificat

Bergabung bersama Maria dalam mendaraskan Magnificat pada hari ini dalam memuju Tuhan yang telah mengenyangkan yang lapar dengan kebaikan.” (Luk 1:53) Nonton Youtube: https://youtu. be/6_iixWJo-7k

Sabtu, 23 Desember: Karunia Dari Bumi

Karunia Orang Bijaksana ada di bumi: emas ditempa di dalam kerak bumi, kemenyan dari pohon-pohon gurun dan dupa yang disuling dari getah pohon. Bantu kami memurnikan gaya hidup kami  pada Natal ini agar kami bisa hidup adil dengan anugerah ciptaan.

Minggu, 24 Desember: Malam Natal

“TUHAN juga menyatakan kepadamu bahwa Ia akan mendirikan rumah bagimu.” (2 Sam 7:12) Kami bersyukur untuk rumah kami bersama dan berdoa agar kami dapat menjadi tempat berdiamnya kasih-Mu.

Senin, 25 Desember: Hari Natal! Mari Kita Bersukacita!

Kami bersyukur dan memuji-Mu Yesus karena Engkau datang untuk memulihkan seluruh ciptaan! Semoga kami dapat lebih menjadi agen cinta-Mu sehingga Surga bersukcaitalah Bumi.

Selamat menjalani masa Adven yang ekologis. Pax et Bonum!!

Versi PDF dapat didownload di link berikut ini:

Sdr. Charlest, OFM

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here