SHARE

Relasi mendalam antara Natal dan keselamatan seluruh bumi, rumah kita bersama, telah membuat Global Catholic Climate Movement (Please join us by registering here) untuk menyajikan beberapa bahan yang membantu untuk memperhatikan lingkungan hidup selama masa Adven (brand-new Advent resource kit), a.l. suatu Novena Alam Ciptaan menjelang Natal.

Kesembilan doanya yang bisa dipakai secara pribadi dan juga disisipkan dalam ibadat bersama, saya sajikan di bawah ini dalam olahan bahasa Indonesia. Silakan sesuaikan dengan kekhasan lingkungan Anda dan doakan.

Hari 1 (16 Desember) Doa untuk Seluruh Ciptaan

Allah Pencipta, sementara kami mempersiapkan diri atas kedatangan Putra-Mu, kami bersyukur atas hadiah dunia ciptaan. Kami bersyukur atas keindahannya dan atas sukacita yang timbul dari keindahan ini. Kami bersyukur atas cahaya yang bersinar dalam kegelapan, atas bintang dan matahari, udara yang kami hirup dan tumbuhan serta binatang yang telah Kauciptakan, atas  bumi dan air, dan makanan sehari-hari yang kami terima darinya. Bantulah kami untuk menemukan Engkau, Sang Pencipta, dalam semua yang telah Kauciptakan dan Kaupandang sangat baik. Ilhamilah kami untuk merawat bumi ciptaan-Mu seperti yang telah Kauperintahkan kepada kami. Tolonglah kami menjadi pelayan hidupnya yang berkelimpahan. Inilah yang kami mohon dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami. Amin.

Hari 2 (17 Desember) Doa untuk Binatang

Allah Pencipta, kami bersyukur atas segala binatang serta keragamannya yang telah Kauciptakan. Kami bersyukur atas peran hewan dalam hidup kami, sebagai kawan-kawan kami. Kami berterima kasih atas kesejahteraan yang mereka berikan kepada kami dan atas keluhuran yang mereka tambahkan pada dunia ciptaan-Mu. Karena bumi-Mu dilanda gelombang penghancuran yang ditimbulkan oleh manusia, kami memohon agar Engkau mengajari kami keugaharian. Pada hari-hari persiapan kedatangan Putra-Mu ini, tolonglah kami mencari cara hidup yang mengizinkan semua makhluk-Mu tetap hidup dan berkembang dengan subur. Ini kami mohon dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami. Amin.

Hari 3 (18 Desember) Doa untuk Tanaman

Allah Pencipta, kami bersyukur atas semua jenis tanaman yang berbiji dan segala jenis pohon buah-buahan di bumi ini. Kami berterima kasih atas segalanya yang mereka berikan kepada kami, dan atas cara kami dihubungkan dengan segala yang hidup di bumi. Terima kasih atas rezeki – jasmani dan rohani – yang kami dapatkan dari tumbuh-tumbuhan. Kami bersyukur atas padi-padian, buah-buahan, dan sayuran yang kami makan, dan atas semak dan bunga yang menghiasi taman-taman kami. Kami bersyukur atas oksigen yang mereka hasilkan dan keseimbangan yang mereka berikan kepada dunia kami.

Kami bersyukur pula atas gandum dan anggur, hasil karya tangan manusia, yang menjadi persembahan roti dan anggur kami, dan yang dengan penuh kasih Kaukembalikan kepada kami sebagai tubuh dan darah Putra-Mu, Yesus Kristus. Seraya kami menyaksikan kehancuran dahsyat hutan tropis, tanah gambut, padang rumput, wilayah perkebunan, dan rawa-rawa serta hutan bakau, kami mohon agar Engkau memberi kami keberanian untuk berbicara bagi yang tak bisa bersuara dan kami mengubah gaya hidup kami. Tolonglah kami mengajak tetangga dan pemerintah untuk merawat alam ciptaan-Mu. Ini kami mohon dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami. Amin.

Hari 4 (19 Desember) Doa untuk Tanah

Allah Pencipta, kami bersyukur atas tanah. Terima kasih atas tumpuan dan kenyamanan yang kami rasakan di bawah telapak kaki kami. Terima kasih atas bumi yang menopang kami, dan adalah habitat segala binatang dan tanaman yang memberi kami rezeki. Terima kasih atas banyak kegunaan mineral yang melindungi hidup kami, menyembuhkan kami, dan menjadikan kami terhubung. Saat kami menambang kekayaan bumi-Mu melampaui kapasitasnya, mengikis lereng gunung sampai longsor, dan meracuni tanah subur menjadi belantara, bantulah kami melihat bahwa kami sudah melampaui batas-batas dan sudah mengambil lebih dari cukup. Sewaktu kami mempersiapkan diri untuk kelahiran Yesus, tolong kami menemukan arah baru. Ini kami mohon dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami. Amin.

Hari 5 (20 Desember) Doa untuk Air

Allah Pencipta, kami bersyukur atas air. Kami bersyukur kepada-Mu karena lautan yang luas, dalam, dan kaya; karena  keanekaragaman hayatinya yang tak terbayangkan. Kami bersyukur atas sungai dan danau di lingkungan kami, atas sinar cahaya yang menari-nari di atas permukaannya. Kami bersyukur atas segala cara air menopang hidup kami; atas berkah air bersih yang dapat kami minum.

Kami bersyukur atas kabut yang naik dari laut menjadi hujan yang menyirami ladang kami. Kami bersyukur atas kedahsyatan ombak-ombak yang tertahan pada tepinya. Saat kami mencemari perairan-Mu dan memanaskannya, beri kami pandangan ke depan. Bantulah kami melihat akibat pencemaran air dan penurunan kualitasnya. Tolong kami untuk melindungi masa depan anak- cucu kami dengan sekarang juga mengambil langkah untuk melestarikan karunia besar air itu. Ini kami mohon dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami. Amin.

Hari 6 (21 Desember) Doa untuk Udara

Allah Pencipta, kami bersyukur karena udara. Kami berterima kasih atas belaiannya yang kami nikmati. Terima kasih atas mainan lembut angin di puncak pepohonan dan sentuhan hangat angin sepoi-sepoi pada wajah kami. Terima kasih atas udara yang kami hirup, atas nafas yang kami tarik setiap saat. Ketika kami memanaskan atmosfir bumi-Mu, tolonglah kami memahami kedahsyatan udara dan angin, kemampuannya untuk tidak hanya membelai tapi juga menghancurkan. Saat kami mencemari udara, bantulah kami memahami betapa pentingnya udara bersih untuk pernafasan kami. Di musim Adven ini, berilah kami pengertian, dan berilah kami kemauan untuk menggunakan pengertian kami dengan lebih baik. Ini kami mohon dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami. Amin.

Hari 7 (22 Desember) Doa untuk Iklim

Allah Pencipta, kami bersyukur atas iklim. Terima kasih atas tanah, air, dan hawa panas, yang saling mempengaruhi dan memunculkan pola cuaca. Terima kasih atas kompleksitas dan keindahan semua sistem di bumi. Terima kasih atas keimbangan istimewa yang telah melahirkan keanekaragaman hayati dan umat manusia.

Terima kasih atas perkiraan cuaca, hujan, dan kemarau yang telah berabad-abad lamanya memungkinkan kami bercocok tanam, memiara ternak, dan maju berkembang. Ketika kami mendatangkan kekacauan pada iklim yang telah Kauatur, terutama karena kami nekad membakar hutan dan memakai bahan bakar fosil, berilah kami hikmat. Tolonglah kami menemukan tempat kami yang benar di tengah karya ciptaan-Mu yang agung. Ini kami mohon dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami. Amin.

Hari 8 (23 Desember) Doa untuk Orang Miskin

Allah Pencipta, kami bersyukur atas segala sarana untuk menolong orang miskin. Kami bersyukur atas ketahanan mereka, kekuatan mereka, dan teladan mereka. Kami bersyukur karena boleh mengenal mereka, melayani mereka, melibatkan mereka, dan mencintai mereka. Seiring perubahan iklim yang menyusahkan mereka yang hidup dan bekerja sangat erat dengan alam, bantulah kami bertumbuh dalam solidaritas. Tolonglah kami menuruti perkataan Amsal, “Bukalah mulutmu untuk orang yang bisu, untuk hak semua orang yang merana.” (31:8).

Bantulah kami untuk berkata benar berhadapan dengan korupsi, keegoisan, dan pikiran pendek. Kuatkanlah kami bicara profetis kepada saudara dan saudari kami, dan memantulkan kebenaran-Mu dalam hidup kami sendiri, hingga kami dapat mengubah kebiasaan-kebiasaan kami dan benar-benar membela semua anak yang Kaukasihi. Ini kami mohon dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami. Amin.

Hari 9 (24 Desember) Doa Syukur karena Sang Pencipta

Allah Pencipta, kami bersyukur karena Engkau, karena kedatangan-Mu ke tengah-tengah kami dan ke tengah segalanya yang telah Kauciptakan. Terima kasih atas hadiah ciptaan-Mu, tanda kemurahan-Mu, yang telah memperhitungkan kelahiran Putra-Mu, saatnya Engkau menyatu dengan air, mineral, dan daging Yesus Kristus. Terima kasih atas setiap sisi dunia ciptaan-Mu, karena segala kebaikannya dan ketertibannya menjadi penyataan tentang diri-Mu. Terima kasih atas kasih yang Kautunjukkan melalui ciptaan, seperti dikatakan Paus Fransiskus: “Penciptaan termasuk tatanan kasih.” Kami mengucapkan syukur atas anugerah kasih-Mu yang tak terhingga, dan kami bersyukur kepada-Mu karena Engkau telah memberi kami kemampuan untuk menjawab kasih-Mu.

Terima kasih atas rezeki, kekuatan, dan kesejahteraan yang Kauberikan melalui ciptaan-Mu. Terima kasih karena kami diberi tempat dalam jaringan yang telah Kaususun. Terima kasih atas karunia khas yang Kauberikan kepada kami masing-masing, terutama karunia ketabahan dan keindahan yang tampak dalam saudara dan saudari kami yang paling miskin. Kami memohon agar Engkau menambahkan kemampuan kami untuk mengasihi, dan memberi kami tekad untuk mengasihi dengan perbuatan dan tidak hanya dengan kata-kata. Kami memohonkan ini menjelang kelahiran Yesus Kristus, Tuhan kami. Amin.

Dapat didownload di sini:

Sdr. Martin Harun, OFM

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here