SHARE

Sangatlah mulia bila kewajiban untuk memelihara ciptaan dilakukan melalui tindakan kecil sehari-hari (Laudato Si 211).

Natal adalah saat untuk merayakan kelahiran Yesus, untuk menghargai teman dan keluarga kita, dan melayani orang-orang yang paling membutuhkan kita.

Ini adalah kesempatan yang bagus untuk fokus pada panggilan kita untuk mencintai. Melindungi orang-orang yang rentan dan semua ciptaan boleh menjadi bagian dari sukacita Natal. Inilah lima cara terbaik untuk Merayakan Natal anda yang “hijau”.

Pertama, Pertimbangkanlah untuk membeli satu hadiah lebih sedikit tahun ini. Sebagai gantinya, luangkan waktu dengan keluarga dan orang yang spesial atau menyumbang sesuatu untuk melayani mereka yang paling rentan. Memproduksi barang konsumsi dalam skala besar membutuhkan sumber energi dan material yang sangat besar. Membeli bahkan satu hadiah lebih sedikit adalah langkah menuju gaya hidup yang lebih bermakna dan berkelanjutan.

Kedua, Seiring dengan perubahan iklim, atur termostat satu derajat lebih dingin (belahan bumi utara) atau lebih hangat (belahan bumi selatan) daripada yang biasa Anda tetapkan. Ubah pengaturan dengan beberapa derajat saat Anda tidur atau jauh dari rumah. Peralatan pemanas dan pendingin merupakan sumber emisi gas rumah kaca terbesar di banyak negara. Mengurangi penggunaan energi Anda mungkin merupakan hadiah terbaik yang bisa Anda berikan pada ciptaan.

Ketiga, Dalam menyiapkan makanan untuk perayaan Natal, fokuskan pada hidangan vegetarian. Fakta mengejutkan menunjukkan bahwa merawat ternak untuk produksi daging memberi kontribusi yang signifikan terhadap emisi gas rumah kaca. Masakan vegetarian ada di banyak budaya, dan ini adalah kesempatan bagi anggota keluarga untuk dapat menikmati hidangan yang tidak biasa atau mencoba sesuatu yang baru.

Keempat, Jika Anda berkendaraan untuk membeli hadiah Natal, berusahalah untuk menggunakan mobil sesedikit mungkin. Gabungkan beberapa rencana belanja menjadi satu perjalanan, dan naik kendaraan umum atau berjalan kaki jika memungkinkan. Transportasi dengan menggunakan kendaraan berbahan bakar fosil berkontribusi terhadap perubahan iklim. Anda akan menghabiskan lebih sedikit waktu di lalu lintas dan menghasilkan lebih sedikit emisi.

Kelima, Saat membeli hadiah, berkomitmen untuk menghabiskan 5 sampai 10 menit untuk meneliti sumber-sumber etis dan berkelanjutan dari barang yang akan dibelanjakan. Pencarian Internet yang cepat dapat membantu Anda untuk mendukung produsen berskala kecil dan melindungi kebaikan ciptaan. Kisah pemberian Anda bisa menginspirasi penerimanya, dan pemberian itu secara langsung akan menguntungkan produser dan lingkungan sekitarnya.

Penambahan terus peluang-peluang untukmengonsumsi membuyarkan hati dan menghalangi kitauntuk menghargai segala sesuatu dan tiap saat (Laudato Si 222).

Saudara dan saudari dengan kreatifitas masing-masing dapat menambah kelima daftar di atas agar persiapan dan perayaan Natal kita semakin “Hijau”.

Sdr. Charlest, OFM

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here