Jakarta,  Staf Justice, Peace, and Integrity of Creation   Ordo Fratrum Minorum Provinsi St. Mikael Malaikat Agung Indonesia (JPIC OFM Indonesia) mengadakan rekoleksi di Pantai Carita-Banten, Jumat (21/09/2018).

Adapun tema rekoleksi ini adalah “Berjalan Bersama Ciptaan”.

Fasilitator rekoleksi, yakni Sdr. Charlets Talu OFM mengatakan tema ini diangkat bertujuan sebagai bagian untuk mengisi masa liturgi Gereja lebih khusus Season of Creation yang telah dimulai tanggal 1 September dan akan berpuncak pada perayaan pesta St. Fransiskus Asissi tanggal 4 Oktober.

Selain itu, rekoleksi Season of Creation ini, sambung Charlest sapaannya, juga bertujuan untuk semakin meningkatkan relasi antara para saudara  dengan ciptaan lain sehingga semakin menanamkan kepekaan ke dalam diri untuk menerima dan memperlakukan ciptaan lain sebagai saudara bukan sebagai obyek belaka.

Fransiskus Sulaiman Ottor OFM yang juga salah seorang staff JPIC OFM Indonesia mengaku senang dengan kegiatan rekoleksi ini. Menurut Sulaiman sapaannya, kegiatan rekoleksi ini merupakan rahmat dari Tuhan dalam hidup persaudaraan.

Pasalnya, kegiatan ini membantu dia  (Sulaiman-red) untuk menyadari kembali makna hidup dan panggilannya sebagai fransiskan yang diutus untuk tugas di bidang JPIC. “Menyenangkan dan sangat bersyukur karena ini adalah rahmat dalam hidup persaudaran. Membantu saya untuk kembali menyadari makna hidup dan panggilan serta tugas  yang saya sebagai Staf JPIC,” ungkap mahasiswa Pasca Sarjana di STF Driyarkara itu.

Rancang Tema GSS  Tahun 2019

Selain mengadakan rekoleksi, kesempatan ini juga dimanfaat untuk merencanakan tema majalah Gita Sang Surya tahun 2019. Adapun majalah Gita Sang Surya merupakan salah satu bagian untuk karya JPIC dalam bidang animasi untuk menyebarluaskan nilai-nilai JPIC.

Untuk tahun 2019, seluruh staff JPIC dan redaksi Gita Sang Surya menyepakati GSS akan  mengangkat tema “Kepimpinan Politik”. Tema ini diangkat karena para staff JPIC menilai bangsa Indonesia masih mengalami krisis kepemimpinan politik.

Redaktur Pelaksana Gita Sang Surya, Sdr. Rio Edison OFM menuturkan hal tersebut sebagai bentuk kontribusi JPIC untuk untuk mendorong dan melahirkan pemimpin-pemimpin bangsa yang bermoral; yang tidak tersandra oleh kekuasaan dan kepentingan sesaat dan sesat.

-Rian Safio-

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here