Foto: Global Catholic Climate Movement

Jakarta, JPICOFMIndonesia.com – Dalam rangka Hari Raya Semua Orang Kudus dan Peringatan Arwah Semua Orang Beriman, 1 dan 2 November, kita diajak untuk mendoakan segenap ciptaan yang telah punah karena perilaku manusia dan semua orang yang telah mempertaruhkan nyawanya dan wafat untuk mempertahankan segenap ciptaan.

Doa Segenap Ciptaan Pada Peringatan Hari Orang Kudus dan Arwah Semua Orang Beriman

Allah Segenap Ciptaan, pada hari ini kami kenangkan segenap anggota keluarga dan para sahabat yang secara khusus hadir dalam hidup kami. Kami kenangkan saudara dan saudari kami, yang tidak kami kenal tetapi telah menjadi satu keluarga global di bumi ini. Kami kenangkan saudari dan saudara kami para martir ekologi, yang hidupnya secara kejam dan tidak adil diambil dari padanya demi mempertahankan ciptaan-Mu.

Kami kenangkan seluruh ciptaan, baik yang kecil maupun besar yang karena campur tangan manusia telah punah, tidak lagi merayap di daratan, beterbangan di udara, dan berenang di samudra raya. Kami kenangkan dunia alam kami, danau dan sungai, hutan dan ladang, gunung dan lembah, yang telah hancur karena konsumsi manusia.

Kami percaya bahwa Engkau datang untuk menyelamatkan seluruh dunia dan kehidupan yang ditopang olehnya. Kami yakin bahwa Engkau menerima ke dalam kemuliaan-Mu segenap ciptaan yang telah mati di dunia ini ke dalam Kediaman Kosmis-Mu. Semoga kami semua dipersatukan dalam cinta Kosmis Kristus yang tak terbatas dan kekal. Amin

Kita juga secara khusus ingat akan para martir lingkungan hidup dan beberapa jenis ciptaan yang telah punah dari muka bumi ini.

Para Martir Lingkungan Hidup

  • Waldomiro Costa Pereira, seorang activis Hak atas Tanah di Brazil yang berjuang untuk reformasi pertanian. Pada bulan Maret 2017 beliau ditembak dan dibunuh saat berlindung dari percobaan pembunuhan sebelumnya.
  • Renato Anglao seorang pemimpin dalam perjuangan HAM penduduk asli dan terhadap tanah mereka di Filipina. Dia dibunuh pada Februari tahun 2017.
  • Inspektur Manzoor, salah satu dari dua penjaga yang ditembak setelah menangkap para pemburu burung di Punjab. Dia dibunuh pada 24 September 2017 di Pakistan.
  • Wayne Lotter, seorang konservasionis gajah terkemuka dan kepala LSM anti-perburuan ditembak mati di Tanzania pada 16 Agustus 2017.
  • Berta Cáceres bekerja selama beberapa dekade membela habitat dan hak-hak orang Lenca di Honduras. Berta dibunuh di rumahnya di Honduras pada Maret 2016
  • Dorothy Stang hidup selama empat dekade di Amazon Brasil, membela hutan dan tanah orang miskin. Dia ditembak pada Februari 2005 setelah bertahun-tahun diancaman untuk dibunuh.

World Wildlife Fund (WWF) memperkirakan setidaknya 10.000 spesies punah setiap tahun. Berikut beberapa diantaranya:

  • The Tecopa Pupfish menjadi punah setelah pembangunan di gurun Mojave pada pertengahan abad ke-20
  • The Caribbean Monk Seal diburu untuk bulu, daging, dan minyaknya. Dinyatakan punah pada tahun 2008
  • Badak Hitam Barat, diburu dalam jumlah besar untuk tanduknya, dinyatakan punah pada tahun 2011
  • The Lake Pedder Earthworm hidup di Danau Pedder, Tasmania, dan menjadi punah ketika danau dibanjiri untuk pembangkit listrik tenaga air pada tahun 1972.

Charlest, OFM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here