Raker JPIC 2019; Ini Surat Minister Provinsi OFM Indonesia untuk Peserta

0
416
foto; jpic ofm indonesia

SUKABUMI, JPIC OFM Indonesia – Komisi Justice, Peace, and Integrity of Creation (Komisi JPIC) OFM Indonesia mengadakan Rapat Kerja (Raker) tahun 2019 di Rumah Retret St. Lidwina, Sukabumi, Jawa Barat. Raker ini berlangsung selama 5 hari, yakni dari Minggu 13 Januari sampai Jumat 18 Januari 2019.

Dari bumi Lorosae (Timor Leste), Minister Provinsi OFM Indonesia Pastor Mikael Peruhe OFM turut memberikan dukungan dan arahan kepada para peserta kegiatan tersebut.

Dukungan dan arahan dari pimpinan Fransiskan Provinsi Indonesia tersebut disampaikan melalui surat yang dikirim via email kepada Direktur JPIC OFM Indonesia Pater Alsis Gonzaga OFM, Sabtu (12/01/2019). Surat tersebut dibacakan kepada seluruh peserta Raker oleh Pater Alsis dalam pembukaan kegiatan Raker, Minggu (13/01/2019) sore.

Berikut Petikan Isi Surat Tersebut

Para Saudara,

Semoga Tuhan memberi kita damai!

Saya menulis surat ini untuk menyampaikan salam dan berkat bagi para saudara yang sedang berkumpul untuk mengadakan raker tahunan JPIC tahun 2019.

Kita patut bersyukur atas perkenanan Tuhan, sehingga kita dapat menjalankan dan mewujudkan misi-penginjilan Fransiskan melalui JPIC dan Eko-pastoral Fransiskan di bumi Nusantara ini. Melalui berbagai bentuk kegiatan dan program yang dijalankan oleh JPIC dan Eko-pastoral, di sana para saudara semakin mewujud-nyatakan nilai-nilai JPIC-Eko-pastoral yang merupakan nilai-nilai charisma Fransiskan kita. Nilai kepedulian terhadap para petani, nelayan dan peternak; keberpihakan pada mereka yang lemah dan terpinggirkan; belarasa terhadap korban akibat penghancuran lingkungan hidup dan eksploitasi berlebih, over-exploitation, terhadap sumber-sumber daya alam yang terbatas dan tak terbarukan. Perhatian terhadap para korban trafficking dan migran serta bencana alam. Komitmen untuk merawat keutuhan segenap ciptaan dan membangun dialog penuh persaudaraan dengan semua orang yang berbeda latar belakang budaya, etnis, agama dan kepercayaan serta cara pandang. Semakin kita sendiri menghidupi nilai-nilai tersebut kita sesungguhnya telah menggarami dan menerangi masyarakat dan dunia pada zaman ini. Selain itu, dengan menghidupi nilai-nilai ini kita juga semakin mengembangkan sebuah “habitus” baru atau life style baru yang sejalan dengan gerakan merawat bumi, rumah kita bersama dan menghargai hak dan martabat manusia.

Saya berharap bahwa raker ini dapat menjadi kesempatan berahmat dan strategis untuk:

  1. Saling membuka hati, sharing pengalaman dan iman dan saling menguatkan dan meneguhkan atas pengalaman kegembiraan yang dialami selama berkarya di JPIC dan Eko-pastoral. Saya yakin bahwa raker kali ini dapat menjadi juga kesempatan yang baik untuk bersyukur kepada Tuhan atas rahmat, berkat dan perlindungan yang dianugerahkan kepada kita selama perjalanan pembaktian diri dalam bidang JPIC dan Eko-pastoral ini.  Tak ada keberhasilan dalam karya tanpa campur tangan Tuhan yang berbelaskasih dan setia. Kita patut merayakan syukur dan mempersembahkan kembali semua yang telah kita terima dari kemurahan Tuhan.
  2. Mengevaluasi secara sungguh-sungguh semua program yang telah kita janjikan di hadapan Tuhan dan persaudaraan ini agar kita dapat mengukur  kesetiaan kita dan hasil pencapaian demi meningkatkan kesejahteraan para petani, peternak dan nelayan dan mereka yang rentan dalam kehidupan bersama. Evaluasi program yang mendalam dapat membantu kita untuk menentukan program-program baru yang berkelanjutan dan tepat sasaran. Kiranya baik untuk memperhatikan prioritas-prioritas program yang sungguh-sungguh berdampak luas pada sebuah proses perubahan dalam diri kita, komunitas masyarakat dan Gereja kita.
  3. Menemukan dan mengukur kekuatan dan kemampuan/kapasitas bersama serta kemampuan finansial yang kita miliki. Hanya dengan demikian kita dapat lebih realistis merancang program-program yang dapat kita laksanakan dengan baik dan professional serta dapat dirasakan secara nyata pelayanan kita di bidang JPIC dan Eko-pastoral. Selain itu, saya berharap bahwa raker ini dapat menumbuhkan kembali gairah dan semangat baru serta komitmen yang sungguh untuk menjalankan tugas perutusan persaudaraan ini di masa depan.

Akhirnya dengan memohon berkat Bapa Serafik kita, St. Fransiskus Assisi dan ibu Santa Klara, saya memberkati para saudara yang hadir dalam Raker Tahunan JPIC-Eko-pastoral agar dapat melewati hari-hari raker ini dengan sukacita berlimpah dalam suasana persaudaraan.

PARA SAUDARA SELAMAT MENJALANI RAKER!

Welaluhu, Timor Leste, 12 Januari 2019

Sdr. Michael Peruhe OFM

Pelayan Provinsi.

Untuk diketahui, para peserta Raker ini berjumlah 20-an orang. Mereka adalah Ketua Komisi JPIC OFM Indonesia P. Peter C. Aman OFM, Direktur JPIC OFM Indonesia P. Alsis Gonzaga OFM, para staf bidang Advokasi, animasi, Ekopastoral, Litbang, dan Rumah Singgah. Selain itu, turut hadir Direktur KPKC OFM Papua Pater Gonza Saur OFM.)***

Rian Safio

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here