Prapaskah Bersama St. Fransiskus Assisi: Pikulah Salibmu

0
231

Kamis Setelah Rabu Abu

Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya setiap hari dan mengikut Aku_ (Luk 9:23)

Ini merupakan salah satu dari tiga teks mendasar dalam cara hidup St. Fransiskus. Ketika Bernardus Quintavalle berkata kepada Fransiskus bahwa ia ingin bergabung dengan hidup miskinnya, maka si miskin dari Assisi ini mengajaknya untuk membuka kitab suci tiga kali (sebuah praktik yang umum di zaman abad pertengahan). Tiga teks yang mereka baca pada saat itu, kemudian menjadi bagian dari Anggaran Dasar St. Fransiskus:

“Anggaran dasar dan cara hidup saudara-saudara ini ialah hidup dalam ketaatan, dalam kemurnian dan tanpa milik, serta mengikuti ajaran dan jejak Tuhan kita Yesus Kristus yang bersabda, “Jika engkau mau menjadi sempurna, pergilah dan juallah segala yang kaumiliki, dan berikanlah kepada orang-orang miskin, maka engkau akan beroleh harta di surga; lalu datanglah, ikutlah Aku”. Dan, “Jika seseorang mau mengikuti Aku, hendaknya ia menyangkal diri dan memikul salibnya dan mengikuti Aku”. Dan lagi, “Jika seseorang mau datang kepada-Ku dan ia tidak membenci bapak, ibu, istri dan anak-anak, saudara dan saudari, bahkan juga nyawanya sendiri, ia tidak dapat menjadi murid-Ku”. Lagi, “Setiap orang yang telah meninggalkan bapak dan ibu, saudara dan saudari, istri dan anak-anak, rumah serta ladang demi Aku, akan menerima seratus kali lipat dan memiliki hidup yang kekal”._ (AngTBul I)

Teks-teks tersebut menyatakan pentingnya menempatkan Kristus sebagai pusat dari semua yang kita pikirkan, katakan dan lakukan. Jika tujuan hidup kita sendiri, harta benda, bahkan keluarga dan sahabat menghalangi kita dari panggilan Tuhan, maka kita tidak memilih hidup yang sejati. Semua itu seharusnya membawa kita semakin dekat kepada Tuhan dan sebaliknya kita pun juga seharusnya membawa mereka semakin dekat kepada Tuhan.

Doa St. Fransiskus
Kami menyembah Engkau, Tuhan Yesus Kristus; di sini dan di semua gerejaMu yang ada di seluruh dunia; dan kami memuji Engkau; sebab dengan Salib suciMu, Engkau telah menebus dunia. Amin

Franski

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here