Nadine: Gemas Lihat Indonesia

0
127

Jpicofmindonesia.com – Sampah plastik merupakan isu lingkungan yang bikin aktivis lingkungan yang Miss Earth Indonesia 2009, Nadine Zamira Syarief, gemas. Hal ini karena Indonesia adalah kontributor sampah plastik ke laut nomor dua terbesar di dunia. Ia pun tidak ingin diam saja karena tak mau negara kita dikenal sebagai negara pencemar lautan dengan plastik.

Pada 2016, Nadine terlibat dalam Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik yang diuji coba di 23 kota besar di Indonesia. Sayangnya, hanya beberapa kota, seperti Banjarmasin, Balikpapan, dan Padang, yang menindaklanjuti gerakan itu dengan membuat peraturan wali kota terkait pelarangan kantong plastik.

”Jakarta dan Bandung malah ketinggalan. Kita kejar-kejaran dengan waktu karena plastik yang tak bisa terurai menggunung dan mencemari laut, tapi pergerakan solusi kurang cepat,” kata Nadine yang saat ini tinggal bersama keluarganya di Amerika Serikat dan bekerja di LSM peduli lingkungan, The Rainforest Alliance, saat dihubungi, kompas.

Baca Juga: Lebih Berani Mewujudkan Cinta Pada Bumi Rumah Bersama

Menurut Nadine, butuh komitmen tinggi untuk ubah gaya hidup dan menjadi individu yang sadar lingkungan. Ia sendiri setiap hari tak pernah lupa membawa kotak makan, botol minum, hingga sedotan bambu. Ia pun mengajari anaknya yang kini berusia lima tahun untuk pintar mengolah sampah. (WKM)

Repost: Kompas 27/01/2019

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here