Prapaskah Bersama St. Fransiskus Assisi:  “Pujilah Tuhan”

0
162

Jumat Prapaskah V

“Bukan karena suatu pekerjaan baik maka kami mau melempari Engkau, melainkan karena Engkau menghujat Allah…” (Yoh 10:33)

RENUNGAN, JPIC OFM Indonesia – Fransiskus mengerti bahwa cara untuk menyerupai Yesus adalah dengan melakukan pekerjaan-pekerjaan baik yang dilakukan oleh Yesus, tetapi ada juga sebuah dimensi mistik dalam penyerupaan tersebut. Dia tidak hanya mencari cara hidup yang lebih baik; dia mencari cara untuk sepenuhnya menyerupai Allah dan dalam melakukannya memberikan pujian sepenuh mungkin kepada Allah.

Fransiskus pun mengajak para saudara, supaya jangan menghakimi siapa pun dan tidak menghina mereka yang hidupnya manja dan yang mengenakan pakaian aneh dan berlebih-lebihan. Sebab Allah adalah Tuhan kita dan Tuhan mereka. Allah mampu memanggil mereka kepada diri-Nya dan membenarkan mereka yang dipanggil-Nya. Fransiskus menegaskan bahwa ia menghendaki para saudara menghormati orang macam itu sebagai saudara dan tuan mereka. Mereka adalah saudara oleh karena diciptakan oleh Pencipta yang satu dan sama; mereka adalah tuan, oleh karena mereka menolong orang baik melakukan pertobatan, yaitu dengan menyediakan bagi mereka apa yang mereka butuhkan. Fransiskus masih menambah: Perilaku para saudara di antara para bangsa mestinya begitu rupa, sehingga siapa saja mendengar atau melihat mereka kiranya memuliakan Bapa surgawi dan dengan khidmat memuji Dia. (K3S 58)

Fransiskus sering dihormati oleh orang-orang yang tidak memberi perhatian tentang Allah, yang tidak percaya akan hidup setelah kematian, yang hanya percaya pada kebaikkan yang dilakukan di sini, di dunia ini. Kita yang mengakui iman Kristiani mengerti bahwa ada hidup yang lebih daripada waktu yang terbatas di dunia ini.

Fransiskus menjaga kita dari iman yang terlalu spiritualis. Ia menjaga kita untuk tetap menaruh perhatian pada kebutuhan-kebutuhan mereka yang miskin dan tersingkirkan, yang sebenarnya berada di tengah-tengah kita. Ia juga selalu mengingatkan kita supaya tidak kehilangan pandangan akan Dia yang memberi makna sesungguhnya atas seluruh hidup kita.

Doa St. Fransiskus
Engkaulah pelindung, Engkau penjaga dan pembela kami; Engkaulah kekuatan, Engkaulah penyegaran. Engkaulah pengharapan kami. Amin.)***

Franski, OFM

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here