Home Profil

Profil

JPIC (Justice, Peace, and Integration of Creation) atau Keadilan, Perdamaian dan Keutuhan Ciptaan menjadi rangkuman dari Spiritualitas Fransiskan. Sebagai sebuah rangkuman spiritualitas maka semangat ini juga perlu diungkapkan. Supaya spiritualitas ini menjadi gerakan, dibentuklah lembaga JPIC-OFM Indonesia. JPIC-OFM Indonesia berusaha mengupayakan supaya cara hidup dan karya yang menjawab tantangan zaman, kepedulian dan pembelaan bagi yang miskin dan tertindas. Kegiatan-kegiatan JPIC-OFM Indonesia meliputi 5 bidang yaitu bidang Animasi, Litbang, Sosial Karitatif, Ekologi dan Advokasi.

Animasi. Melalui Bidang Animasi, JPIC-OFM Indonesia menyelenggarakan diskusi, seminar, rekoleksi, retret bertemakan keadilan, perdamaian dan keutuhan ciptaan. Bidang ini juga menyelenggarakan kursus bertemakan Ajaran Sosial Gereja, Analisa Sosial dan HAM.

Litbang. Litbang JPIC-OFM Indonesia membuat dokumentasi (majalah dan koran) berbentuk kliping, buku, foto dan film yang terkait erat dengan kasus-kasus tentang keadilan, perdamaian dan keutuhan ciptaan. Selain itu, Litbang JPIC-OFM Indonesia juga menerbitkan majalah Gita Sang Surya dan buku-buku tentang masalah ekologi dan sosial.

Sosial Karitatif. Selain bertanggungjawab atas keberlangsungan Rumah Singgah St. Antonius, JPIC-OFM Indonesia juga terlibat dalam pemberdayaan sosial ekonomi masyarakat. Salah satunya adalah masyarakat korban gempa di Cabakan dan Piyungan (Yogyakarta). Hal lain yang juga dilakukan adalah penanganan dan pendampingan pengungsi.

Ekologi. OFM Provinsi Indonesia sangat prihatin dengan kondisi kerusakan lingkungan hidup di zaman ini. Karena itu, pelayanana pastoral ekologi menjadi salah satu prioritas. Di Pagal, Manggarai, NTT dibentuk Pusat Ekopastoral Fransiskan. Ekopastoral Fransiskan mendampingi kelompok-kelompok tani untuk mengembangkan metode pertanian organik. Ekopastoral Fransiskan juga mendampingi sekolah-sekolah untuk mengembangkan muatan lokal pertanian organik. Selain itu, ekopastoral fransiskan juga menggerakan masyarakat untuk konservasi hutan dan mata air. Gerakan ekopastoral fransiskan melebar ke Atambua dan juga di Timor Leste. Karya lain dalam bidang ekologi adalah mempromosikan gerakan pengolahan sampah.

Advokasi. JPIC-OFM Indonesia dalam kerjasama dengan lembaga-lembaga lain juga terlibat dalam persoalan-persoalan aktual untuk membela hak-hak masyarakat. Beberapa kasus yang ditangani misalnya advokasi untuk masyarakat Lembata dan masyarakat Manggarai yang menolak rencana industri pertambangan.